PNM Makassar Gelar Pelatihan Capacity Building dan Literasi Keuangan Kepada Nasabah

462

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Memperingati Hari UMKM Nasional, PNM Makassar menggelar kegiatan capacity building, di hotel Teraskita Makassar, Sabtu (12/8/2023).

Wakil Pemimpin Cabang PNM Makassar, Suryaddin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan, dalam rangka memberikan bimbingan dan peningkatan kapasitas usaha seluruh nasabah PNM Makassar, berupa intelectual capital.

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, melibatkan nasabah Mitra Binaan PNM, yakni nasabah PUMK (Pogram Pembiayaan Usaha Mikro Kecil) cabang Makassar,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa pelatihan literasi keuangan dan sosialisasi e-commerce (Padi UMKM).

Diungkapkan Suryaddin, melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap UMKM yang menjadi nasabah PNM dapat naik kelas. Yang tadinya hanya berjualan secara offline, setelah ikut pelatihan akhirnya bisa mengembangkan pasar, dengan berjualan secara online di aplikasi e-commerce.

“Dulunya nasabah melakukan transaksi jual beli secara cash atau tunai, diharapkan setelah ikut pelatihan, dapat lebih berkembang dengan melakukan transaksi cashless,” jelasnya.

“Jadi ada pembinaan secara berkelanjutan yang kami berikan kepada nasabah. Ada journey yang diberikan kepada UMKM, agar dapat bersaing di era digital saat ini,” tambah Suryaddin.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri Muhammad hambali, seorang trainer/motivator UMKM ternama, yang berasal dari Sang Juara Organizer.

Saat ini PNM Cab. Makassar memiliki 128 kantor unit layanan, yang terdiri dari
111 unit mekaar (membina ekonomi keluarga sejahtera) dan 17 unit Ulamm (unit layanan modal mikro). Jumlah outstanding penyaluran pembiayaan 1,2 Triliun, dengan jumlah total nasabah 446 ribu.

Nur Rachmat

Baca Juga :   Serikat Pekerja Pelindo IV Bantu 14 Unit Wastafel Portable