PNM Siapkan Program Pemberdayaan Ekonomi Ibu Pra Sejahtera  di Toraja Utara

110

BISNISSULAWWESI.COM, TORAJA UTARA – Dukungan Menteri BUMN, Erick Thohir,  untuk sejahterakan ekonomi rakyat melalui program PNM Mekaar, terus dilakukan.

Seperti  pemberdayaan ekonomi bagi ibu-ibu rumah tangga pelaku usaha mikro, di Toraja Utara, lewat pemberian kredit usaha tanpa agunan.

Hal ini disampaikan Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, dalam kegiatan bakti sosial BUMN yang diadakan BNI di kabupaten Toraja Utara, Kamis (12/5) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Arya Sinulingga, bersama pimpinan BUMN di Toraja Utara, membagikan paket sembako gratis kepada keluarga pra sejahtera.

“Menteri BUMN mendukung sepenuhnya program PNM Mekaar, untuk ibu-ibu prasejahtera yang ada di Toraja Utara. Ibu-ibu yang menjadi nasabah PNM Mekaar dibantu permodalan, dan diberi pelatihan oleh BUMN, sehingga usahanya bisa maju dan berkembang”, ujarnya.

“Awalnya, dengan modal usaha dari PNM Mekaar, nanti jika usahanya berkembang, bisa naik kelas ke pembiayaan KUR (Kredit Usaha Rakyat) dari BRI maupun BNI. Pelatihan usahanya juga akan dibantu oleh Telkom dan BRI. Jadi BUMN terus akan berkolaborasi memajukan usaha ibu-ibu di Toraja Utara,” tambah Arya Sinulingga.

 

Sementara, Irmayanti, salah satu nasabah PNM Mekaar di Toraja Utara, telah ikut merasakan manfaatnya. Irma kini telah ikut membantu ekonomi keluarganya.

 

“Setelah bergabung dengan program Mekaar, terasa sekali perbedaannya dari hidup biasa-biasa saja sebagai ibu rumah tangga, sekarang sudah bisa berjualan sembako gula susu indomie dan bantu biaya hidup keluarga.” ujarnya.

Saat ini, tercatat sebanyak 1.506 nasabah PNM Mekaar di Kabupaten Toraja Utara. Nasabah Mekaar tidak hanya mendapatkan bantuan permodalan, namun juga pendampingan usaha yang dilakukan oleh AO (Account Officer) dari PNM.

Nur Rachmat

Baca Juga :   Tanggap dan Cepat, YBM PT PLN (Persero) UP3 Kendari Salurkan Bantuan Korban Banjir