Pojok Pasar Modal : Weekly Market Outlook

92
Wekly Trading Information, May 31 - Jun 4 2021. Sumber : Bursa Efek Indonesia (BEI) Sulawesi Selatan

IHSG [Resistance : 6120] [Pivot : 6000] [Support : 5850]

U.S. Unemployment Rate turun ke level 5.8% di Mei 2021, lebih rendah dari ekspektasi (5.9%) dan realisasi April 2021 (6.1%). Meski demikian, data tersebut diperkirakan belum cukup kuat untuk mendorong the Fed untuk mulai melakukan pengetatan kebijakan moneter dalam waktu dekat.

Dari dalam negeri, pelaku pasar mengantisipasi data cadangan devisa per akhir Mei 2021. Cadangan devisa Indonesia diperkirakan masih tetap solid, dengan berada jauh di atas rasio kecukupan international.

Mempertimbangkan sentimen-sentimen tersebut, nilai tukar rupiah diperkirakan cenderung stabil yang dapat meredam potensi capital outflow, terutama dari pasar modal Indonesia. Oleh sebab itu, meskipun secara teknikal IHSG rawan mengalami profit taking lanjutan, terutama di awal pekan, namun potensi technical correction diperkirakan cenderung terbatas ke level 5850-5950 di pekan ini.

Sementara resistance level berada pada kisaran 6080-6120. Oleh sebab itu, pelaku pasar dapat perhatikan peluang buy on support pada saham-saham bank (BBCA, BBNI, BBRI dan BMRI).

By PHINTRACO Sekuritas

————————————

Welcome June Euforia.

PADA perdagangan minggu ini IHSG diperkirakan akan mencoba menembus level psikologi di 6100 sebagai resistant nya. Dan jika berhasil menembus level tersebut, maka IHSG diperkirakan akan memasuki zona hijau di rentang 6100-6300.

Pasar kembali sumringah di tengah membaiknya data-data ekonomi RI, diantaranya indeks Purchasing Manager Index (PMI) yang berada di angka 55.6 tertinggi dalam beberapa tahun yang menandakan mulai menggeliatnya sektor industri dan meningkatnya cadangan devisa sebagai isyarat bahwa demand negera-negara di dunia mulai bertumbuh.

Ada beberapa saham yang menjadi rekomendasi kami, yaitu BBCA, BBRI, BMRI, BRIS, TLKM, TBIG, MDKA, ANTM, ADRO dan beberapa saham berkapitalisasi kecil dintaranya AGRO dan BBKP.

Baca Juga :   Balai Rehabilitasi BNN Baddoka Raih Penghargaan Ramah Anak

Saham-saham yang berkapitalisasi besar yang disebutkan di atas telah akumulasi oleh investor asing selama kurang lebih sebulan yang menandakan inflow asing kembali masuk ke bursa saham RI dan dirediksi akan berlanjut hingga akhir tahun.

By MNC sekuritas

Sumber : BEI Sulsel