Poltekpar Makassar Gelar Pikataka Fest 2023 Hadirkan UMKM dan Musisi Lokal

174

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar akan menyelenggarakan event bertajuk Pikataka Fest 2023. Kegiatan diselenggarakan selama dua hari, 16-17 Juni 2023 di kampus.

Pikataka Fest 2023 mengangkat tema “Act Your Skill and Explore the Art of Creativity”.

Ketua Panitia, Dr. Islahuddin,M.Si., CHE mengatakan, Pikataka Fest merupakan singkatan dari Politeknik Pariwisata Makassar Festival, yang mana tahun ini merupakan tahun perdana event ini dilaksanakan.

Penyelenggaraan Pikataka Fest 2023 dikelola oleh mahasiswa Program Studi
Pengelolaan Konvensi dan Acara (PKA), berkolaborasi dengan Program Studi Tata Hidang (TAH) dan Program Studi Divisi Kamar (DIK).

“Kegiatan ini menjadi media bagi pelaku UMKM, untuk meperkenalkan produk dan layanan yang mereka jual, yang mana dalam kegiatan ini, 50 persen UMKM yang terlibat, merupakan usaha yang dikelola mahasiswa dan alumni Poltekpar Makassar sendiri,” ungkap Islahuddin.

Adapun UMKM yang akan berpartisipasi berjumlah 20 tenant, yang terdiri atas UMKM Kuliner, Fashion dan Kriya.

Untuk UMKM Kuliner yang bergabung
diantaranya Miehasiswa, Jupe bakso, Jr tea Indonesia, Darren, Moctail bar, Kedai sagara, Chilin kriuk, Mao krepes, Let’s eat, Meltcone, Het Se Nusantara, Dimasakin by mamamel, Flo coffe dan Raja Rice bowl.

Sementara untuk UMKM fashion dan kriya yang akan turut meramaikan acara adalah Rodabite.co, Thrift by berdua, Kukalungi, Clayapan dan Hijafeen.

Diungkapkan Islahuddin, Pikataka Fest 2023 memiliki serangkaian aktivitas, yang diharapkan memberikan keseruan serta hiburan bagi pengunjung yang datang.

Beberapa aktivitas yang akan dihadirkan pada kegiatan ini adalah pameran UMKM, lomba-lomba,
pagelaran seni budaya, talkshow dan penampilan beberapa musisi lokal Kota Makassar.

Untuk semakin menyemarakkan perhelatan dan menghibur pengunjung Pikataka Fest 2023, dihadirkan sejumlah musisi lokal Kota Makassar. Yakni Ismy Amaliah, Putri Idol dan Ifan Suandy, Natinson serta Kapal Udara.

Baca Juga :   Sosper, Anggota DPRD Makassar Ungkap Pentingnya Pemerataan Penyelenggaraan Pendidikan

Kemudian untuk talkshow sendiri, akan menghadirkan salah seorang selebgram ternama Kota Makassar, yakni Anggu Batari. Dia akan membawakan materi dengan tema “Peran Micro Influencer Dalam Promosi UMKM”.

Sebagai ajang kreativitas anak muda, adapun beberapa jenis perlombaan juga digelar. Diantaranya lomba band akustik, lomba mobile legend, lomba mewarnai anak-anak, lomba tiktok vlog, lomba K-Pop dance dan lomba basket 3×3.

Sementara itu, untuk kompetisi bidang pariwisata/hospitality tingkat nasional, meliputi guest service agent competition, making bed competition, towel art competition, latte art competition dan juga mixology competition.

Pada sesi pertunjukkan seni budaya, sebut Islahuddin, nantinya akan ditampilkan aksi teatrikal tari dengan judul “Makkunrai” yang dalam bahasa Bugis bermakna perempuan. Pertunjukan ini mengangkat cerita cinta seorang gadis desa, dengan latar
adat dan kebiasaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Sebut Islahuddin, Pikataka Fest 2023 terbuka bagi masyarakat umum, dan tidak dipungut biaya masuk. Diharapkan mampu menarik minat para pengunjung, untuk turut hadir dan meramaikan event, sehingga dapat manaikkan branding kampus.

Nur Rachmat