Puncak HUT ke-17, BPR Hasamitra Suguhkan Drama Sketsa 17 Tahun Perjalanan Hasamitra

Tarian tradisional kecak sebagai rangkaian sketsa perjalanan 17 tahun BPR Hasamitra pada puncak HUT ke-17 tahun BPR Hasamitra di Claro Hotel, Selasa (15/11/2022) malam. POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Hasamitra kini genap berusia 17 tahun. Sebuah perjalanan panjang hingga akhirnya bisa menjadi BPR terbaik ketiga dan terbesar kelima secara nasional dari 1.650 lebih BPR di Indonesia. Dengan nilai aset saat ini (Per 31 Oktober 2022) mencapai Rp 2,69 triliun, kredit yang disalurkan Rp 2,26 triliun, dana masyarakat yang berhasil dihimpun mencapai Rp 1,96 triliun dan modal inti Rp 367 miliar.

Puncak HUT ke-17 BPR Hasamitra diperingati di Claro Hotel Makassar, Selasa (15/11/2022) malam. Dihadiri Kepala Biro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunan Setda Sulsel, Since Erna Lamba, Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Darwisman, perwakilan BI, Perwakilan Pemkot Makassar, para pimpinan Bank dan nasabah serta mitra BPR Hasamitra.

Acara digelar meriah dengan menampilkan tarian dan sketsa perjalanan 17 tahun Hasamitra sebagai puncak acara. Sketsa yang semua pemerannya adalah karyawan Hasamitra, mendapat sambutan positif undangan yang hadir. Juga dirangkai penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara BPR Hasamitra dengan REI Sulsel dan PT. Makassar Bahu Bersama.

Penandatanganan MoU antara BPR Hasamitra, REI Sulsel dan PT Makassar Bahu Bersama pada puncak peringatan HUT ke-17 BPR Hasamitra di Claro Hotel, Selasa (15/11/2022) malam. POTO : ISTIMEWA

“Iya, semua pengisi acara malam ini (Puncak HUT ke-17 Hasamitra,  Red) adalah karyawan Hasamitra,” ujar Direktur Bisnis BPR Hasamitra yang memerankan tokoh kakek sebagai pengantar sketsa.

Terkait kesuksesan BPR Hasamitra meraih berbagai penghargaan hingga berada di posisi terbaik ketiga dan terbesar kelima secara nasional, Komisaris Utama BPR Hasamitra, Yongris Lao menyebutkan, hal ini berkat konsistensi dan kinerja yang sangat bagus dari BPR Hasamitra.

Peringatan HUT kali ini, kata Yongris, mengambil tema, “Makin Dekat, Makin Baik” yang bermakna, pihaknya senantiasa menyatukan tekad dari seluruh jajaran BPR Hasamitra untuk menyongsong tantangan ke depan.

“Kami ingin hadir bukan hanya di Sulawesi Selatan, tetapi kami ingin hadir di kantor, di rumah, di hati, bahkan di gemgaman masyarakat. Dengan hadirnya layanan Mobile Banking dan layanan digital, kami berharap BPR Hasamitra makin dekat dalam kehidupan masyarakat,” ujar Yongris saat menyampaikan sambutan bersama Direktur Utama BPR Hasamitra, Nyoman Supartha.

Baca Juga :   Mahasiswa, Mendominasi Kedua Investasi Pasar Modal di Sulawesi Selatan

Dengan makin dekat tersebut, diharapkan BPR Hasamitra bisa terus meningkatkan layanan, khususnya layanan digital sehingga bisa lebih cepat, mudah dan harus tetap lebih aman.

“Saat ini kami sedang mengembangkan potensi kartu ATM Hasamitra dengan ATM bersama, sehingga ke depan nasabah Hasamitra bisa menarik tunai di bank lain,” timpal Nyoman Supartha seraya menambahkan, ke depan BPR Hasamitra akan mengurus qris on us untuk pelayanan lebih baik.

Memang, untuk mengeluarkan berbagai fasilitas tersebut, sangatlah ketat karena harus dites berkali kali oleh OJK dan persetujuan Bank Indonesia. Pihaknya berharap OJK dan BI selalu mendukung sehingga fasilitas atau produk BPR Hasamitra makin banyak dapat dinikmati masyarakat.

Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Darwisman mengapresiasi kesuksesan BPR Hasamitra yang selama 17 tahun sejak 2005, sukses memupuk modal hingga 183 kali lipat dan mencapai aset lebih dari Rp 2,6 triliun. Jika dibandingkan dengan seluruh aset BPR dan BPR Syariah (22 BPR dan 8 BPRS) yang ada di Sulawesi Selatan dan Barat, share asest BPR Hasamitra mencapai 88,26 persen.

BPR Hasamitra kata Darwisman, saat ini menjadi BPR terbesar kelima se-Indonesia di bawah BPR Eka Bumi Arta di Jakarta yang memiliki aset Rp 9,2 triliun, kemudian BPR Lestari Bali dengan aset Rp 6,87 triliun, BPR Jatim di Surabaya Rp 2,97 triliun dan BPR Surya Yuda Kencana di Kabupaten Banjar Negara dengan aset Rp 2,8 triliun.

“Jika melihat grafiknya yang terus menanjak, beberapa kurun waktu ke depan akan melesat terus, bisa jadi BPR Hasamitra jadi tiga besar atau bahkan terbesar di Indonesia. Ini pencapaian luar biasa dan patut mendapat apresiasi,” sebut Darwisman.

Baca Juga :   Petani Sambut Baik HET Beras

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunan Setda Sulsel, Since Erna Lamba yang hadir mewakili Gubernur Sulsel berharap, dengan momentum 17 tahun, BPR Hasamitra semakin dekat dengan nasabah dan lebih baik pelayanannya. Terus berkontribusi dan akselerasi pertumbuhan ekonomi Sulsel.

Pemprov Sulsel mengapresiasi BPR Hasamitra yang terus bersinergi dengan pemerintah dalam mendukung pembangunan daerah.

“Kami juga mengapresiasi, walaupun di masa pandemi, BPR Hasamitra tetap membrikan aliran dana kepada UMKM yang notabena rentan terdampak pandemi. Semoga UMKM Sulsel terus bertahan dan bertumbuh sebisa naik kelas,” harapnya.

Bali Putra