Rekonstruksi Jembatan Pacongkang yang Diresmikan Gubernur,  Gunakan APBD Provinsi Sulawesi Selatan, Mudahkan Masyarakat

328
Jembatan Pacongkang yang direkonstruksi menggunakan APBD Provinsi Sulsel saat diresmikan Gubernur Andi Sudirman belum lama ini. POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Jembatan Pacongkang di Kabupaten Soppeng yang diresmikan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, Rabu, (23/8/2023), murni menggunakan anggaran dari APBD Sulsel.  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan telah menganggarkan Rp75 miliar untuk rekonstruksi jembatan yang ada di Desa Rompi Gading, Kecamatan Liliriaja, Soppeng.

Sebelumnya Jembatan Pacongkang berbahan kayu dan sudah keropos. Kali ini direkonstruksi menggunakan pelengkung rangka baja

Kini, Jembatan Paconngkang menjadi jembatan dengan pelengkung rangka baja terpanjang di Sulsel.Panjang bentang pada bagian tengah 128 meter, bentang kiri kanan masing-masing 25 meter sehingga total bentang jembatan memiliki panjang 180 meter dan lebar tujuh meter dengan trotoar kiri kanan masing-masing satu meter.

“Alhamdulillah meresmikan jembatan pelengkung rangka baja terpanjang di Sulsel, Jembatan Andalan Pacongkang di Kabupaten Soppeng menggunakan APBD Pemprov Sulsel,” katanya.

Selain pelengkung rangka baja, Jembatan Andalan Pacongkang juga dilengkapi alat peredam gempa yang dinamakan Lead Rubber Bearing (LRB). Dan dapat dimanfaatkan sekitar wilayah Soppeng untuk ke lokasi objek Wisata Citta, jelasnya.

Masyarakat Desa Rompi Gading turut merasa senang dan bahagia dengan digunakannya Jembatan Andalan Pacongkang, akses transportasi lebih mudah dari jembatan sebelumnya.

“Kami sangat senang bahagia Jembatan Andalan Pacongkang ini telah diresmikan, akses transportasi semakin mudah”, ungkap Kepala Desa (Kades) Rompi Gading, Sakmawati Rahman, Jum’at, (25/8). (*)

Baca Juga :   Sah, Seluruh Fraksi Sepakati APBD 2019 Pemkot Makassar