Undipa Selenggarakan Final Latih Tanding Sekaligus Launching INBIS Undipa

220
Rektor Undipa Makassar, dr Y Johny W. Soetiko, SE, MM, saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka empat event unggulan Undipa, di area lobi kampus setempat, Senin, 06 Februari 2023. POTO : ARYA YULIA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Rektor Universitas Dipa (Undipa) Makassar, dr Y Johny W. Soetiko, SE, MM, membuka empat event unggulan Undipa, di area lobi kampus setempat, Senin, 06 Februari 2023.

Jajaran Undipa Makassar. POTO : ARYA YULIA

Empat event yang digelar di hari yang sama tersebut diantaranya launching Inkubator Bisnis (Inbis) Undipa Makassar, pameran UMKM dan produk mahasiswa, serta webinar series 4 “Digital Week” yang menghadirkan dua pemateri, Rahmat Hidayat J, ST yang merupakan CEO Magau Group dan  DR. Muh. Idham, M.M, Inkubator Bisnis Teknologi BBIHP Makassar.

Sementara satu event lainnya adalah Latih Tanding Kreatif yang sudah memasuki babak final. Diikuti puluhan pelajar SMA/SMK yang merupakan pemenang dari 11 cabang dinas pendidikan se Sulawesi pada latih tanding kreatif 2022.

Babak final “Latih Tanding Kreatif” Undipa Makassar, yang berlangsung di kampus Kuning Gading Senin, 06 Februari 2023. POTO : ARYA YULIA

“Kegiatan ini bertujuan merubah pola pikir siswa, agar tidak melulu berpikir setelah tamat SMA lanjut kuliah di mana dan kerja apa. Melainkan, melatih siswa agar memiliki pola pikir wirausaha, pola piker bisnis. Minimal berpikir, bagaimana pengembangan potensi diri,” ujar rektor dalam sambutannya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Undipa Makassar yang juga Ketua Panitia, I Komang Aryasa, S.Kom, MT dalam laporannya menyebutkan, khusus untuk kegiatan latih tanding, dilaksanakan untuk menyambut imbauan Gubernur Sulsel agar mengaktifkan latih tanding antar siswa di Sulsel.

Atas itulah, Universitas Dipa (Undipa) Makassar merancang program “Undipa Goes To School I, 2022/2023”. Kegiatan yang berfokus transformasi ke arah digital dan menumbuhkan ide-ide kreatif siswa dalam berbagai bidang.

Ada  4 cabang lomba latih tanding yang diikuti peserta, Kreatif Essay, di mana siswa ditantang membuat ide kreatif tentang segala aspek untuk diarahkan ketransformasi digital, kmudian Kreatif Photografi, Keratif Short Movie dan Kreatif Poster, yang mencakup 4 pilar literasi digital.

Baca Juga :   Pastikan OPD Dukung Program PKK, Sofha Marwah Pimpin Langsung Rapat Koordinasi

Latih tanding menjadi program rutin tahunan Undipa Makassar.  Selain mendapatkan hadiah dan piagam penghargaan, peserta yang berhasil sampai ke babak final, juga dipastikan mendapatkan 100% free SPP jika mendaftar pada gelombang I tahun ini sebagai mahasiswa baru di Undipa.

Pameran UMKM dan produk mahasiswa Undipa Makassar. POTO : ARYA YULIA

Seminar Series

Sebelum mengikuti babak final latih tanding kreatif, para siswa yang rata-rata datang bersama guru pendamping, terlebih dahulu mengikuti webinar series 4, yang diharapkan bisa menjadi bekal siswa memahami peluang bisnis di era digital dan tentang inkubator bisnis.

Dalam seminar tersebut, narasumber Rachmat Hidayat yang membawakan materi tentang “Peluang Bisnis di Era Digital” memaparkan berbagai data yang berkaitan dengan peluang bisnis digital. Seperti data persentase pengguna internet di Indonesia yang mencapai 77,02 persen atau sekitar 210 juta orang dari total jumlah penduduk Indonesia, 272 juta orang.

“Khusus di Pulau Sulawesi, pengguna internet mencapai 75 persen dari total jumlah penduduk. Itu peluar besar,” sebutnya.

Dipaparkan juga data tentang aplikasi yang paling banyak diakses sebagai acuan untuk melihat peluang bisnis serta keterampilan lunak dan daftar pekerjaan berbasis teknologi seperti freelancer, bisnis e-commerce, dropshiper, digital marketing, trader, pialang saham, programmer, pengajar, penerjemah, gamer, consultant, content creator dan lainnya.

“Saya yakin, Undipa Makassar merupakan tempat terciptanya insan-insan digital andal,” ujar Rachmat seraya menyebutkan, jika nantinya sudah membangun bisnis dan ingin bisnisnya tetap eksis, pebisnis wwajib mengupgrade kemampuan/keterampilan dan kreatif menciptakan keunikan.

“Karena bisnis di era digital, persaingannya semakin luas,” tambahnya.

Dua narasumber poto bersama usai memaparkan materi. POTO : ARYA YULIA

Sementara itu, narasumber kedua, Muh. Idham membawakan materi tentang “Inkubator Bisnis Undipa sebagai Sarana Menumbuhkan Generasi Entrepreneur Smart”. Narasumber dari Inkubator Bisnis Teknologi BBIHP itu memaparkan beberapa hal seperti dasar-dasar hukum pendirian inkubator bisnis, pentingnya dukungan berbabagi pihak agar inkubator bisnis tetap eksis, cara menciptakan inkubator bisnis berbasis teknologi, faktor sukses inkubator dan lainnya.

Baca Juga :   Lawan COVID-19, Pertamina Galakkan Penyemprotan Disinfektan Di SPBU

“Semoga ke depan inkubator bisnis Undipa sukses, sehingga menghasilkan pengusaha-pengusaha hebat,” harapnya.

Para siswa juga dibekali “Financial Life Balance”, atur keuangan gaya anak muda yang disosialisasikan tim Bank Artha Graha Internasional sebagai pendukung kegiatan Undipa Makassar.

 

Ini daftar pemenang final Latih Tanding Undipa Goes to School 2022 – 2023 yang berlangsung di kampus setempat, Senin, 06 Februari 2023

Fotograpi

Pemenang I : Nur Azizah Faradillah (SMAN 1 Wajo)

Pemenang II : Muh Fadlan Maulana (SMKN 1 Luwu Utara)

Pemenang III  : Hindriani (SMKN 9 Pinrang)

Pemenang III : Rois Surya Saputra Family (SMAN 1 Bantaeng)

 

Essay

Pemenang I : Besse Sakina (SMAN 4 Wajo)

Pemenang II : Muh. Abtar H (SMAN 9 Makassar)

 

Film Pendek

Pemenang I : Ahmad Rian Arviandi (SMKN 1 Wajo)

Pemenang II : Prinaldin Sensaria To”suli (SMAN 1 Tana Toraja)

Pemenang III : Indah Margasari (SMKN 1 Luwu Timur)

Pemenang III : Mustikawati (SMAN 11 Pinrang)

 

Poster

Pemenang I : Surya Saputra (SMK Mutiara Ilmu)

Pemenang II : Misruqiyah Putri Samad (SMAN 5 Pare Pare)

Pemenang III : Ngurah Komang Tryana Putra (SMAN 10 Luwu Timur)

Pemeenang III : Sri Alfin Yusra (SMAN 4 Soppeng)

POTO : ISTIMEWA
Penyerahan hadiah kepada pemenang latih tanding . POTO : ISTIMEWA

 

Arya Yulia