Sekda Makassar Tekankan Pentingnya Data Valid dan Akurat untuk Menunjang Keberhasilan Program

187
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Sekretaris Daerah Kota Makassar, M.Ansar, membuka secara resmi rapat koordinasi teknis (Rakortek) forum satu data Indonesia, yang di gelar di Hotel Claro, Selasa (28/11/2023).

Dalam sambutannya, Sekda Kota Makassar menyampaikan pentingnya data yang valid dan akurat demi keberhasilan program pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

“Untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas, diperlukan penyusunan perencanaan yang mengharuskan data terintegrasi sektoral, valid dan terbaru,” ujarnya.

Selain itu data merupakan salah satu bahan evaluasi, pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah, serta bahan penentu dalam perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah.

Dengan adanya forum satu data dapat mendorong pemufakatan tentang format dan jenis data yang akan dibagipakaiakan dalam proses pembangunan.

“Berharap melalui kegiatan ini dapat tercipta kesepahaman tentang penyelenggaraan forum satu data dan kesepakatan rumusan daftar data kota Makassar Tahun 2024 sebagai lembar kerja penyelenggaraan forum satu data Indonesia tingkat Kota Makassar pada tahun berikutnya,” tutupnya.

Sementara itu, selaku pelaksana kegiatan Kabid Infrastuktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Makassar, A.I.Andanawijaya menyampaikan bahwa kegiatan Rakortek ini menunjuk beberapa narasumber yakni dari unsur praktisi pengelola data yakni narasi data, selanjutnya dari unsur badan pusat statistik kota Makassar, dan unsur akademisi bidang spasial.

“Diharapkan output dari Rakortek ini dapat terwujud sinergitas tentang format dan standar data yang akan dipakai dan digunakan dalam forum satu data Indonesia tingkat kota Makassar, tersedianya data yang berkualitas, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah, serta mendorong keterbukaan dan transparansi data,” ujarnya. (*)

Baca Juga :   Jadi Program Prioritas, Gubernur Andalan Telah Salurkan 144 Ton Benih Padi di Bulukumba