Silaturahmi ke TVRI Sulsel, Pj Bahtiar Ajak Lembaga Penyiaran Publik Entaskan Kemiskinan

211
Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat berbincang dengan pihak TVRI Sulsel saat kunjungan, Selasa (10/10/2023). POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengunjungi TVRI Sulsel, di Jalan Padjonga Daeng Ngalle 14 Makassar, Selasa (10/10/2023). Kunjungan dilakukan Bahtiar dalam rangka menjalin sinergi dengan lembaga penyiaran publik, untuk memperkuat atau mendukung penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Bahtiar menyampaikan, peranan TVRI sangat penting, karena dapat menyampaikan informasi, termasuk program dan kegiatan yang dilakukan Pemprov dan Pemda.

“Mengelola pemerintahan tidak bisa sendiri. TVRI adalah lembaga penyiaran pubik tentu sudah satu visi dengan pemerintah. Sayang, kalau kekuatan dan sumber daya TVRI termasuk yang di Sulsel jika tidak didayagunakan untuk memperkuat atau mendukung penyelenggaraan pemerintahan daerah,” kata Bahtiar.

TVRI sebagai mitra, termasuk dalam mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada, mengatasi kemiskinan stunting, gizi buruk, ketahananan pangan, termasuk menjaga ketertiban umum di masyarakat. Dan inovasi strategik yang saya dorong bagaimana mengentaskan kemiskinan.

Poto bersama usai silaturahmi. POTO : ISTIMEWA

Demikian juga, ia dalam memimpin Sulsel dalam sektor pemenuhan pangan melalui pengembangan budidaya pisang untuk masyarakat pertanian dan bagi masyarakat pesisir nelayan dengan pengemgangan rumpon dan terumbu karang buatan bagi masyarakat pesisir. Sehingga ia juga mendorong dana desa 40 persen dari Dana untuk pengembangan tanaman pangan.

Membangun ekosistem dilakukan dari hulu dan hilir. Termasuk sosialisasi dan penginformasian dari program tersebut dilakukan TVRI melalui program siarannya. Sehingga harapan, jumlah penduduk miskin sebesar 782,32 ribu orang (data BPS September 2022) dapat berkurang.

“Dengan begini saya yakin kemiskinan di Sulsel yang kurang lebih 800 ribu orang atau di ambang kemiskinan itu bisa kita selesaikan satu tahun ke depan,” jelasnya.

Ia pun menjelaskan, telah berkoordinasi dengan pihak otoritas keuangan dalam hal ini OJK agar perbankan di Sulsel menyiapkan anggaran permodalan Rp20 triliun dana KUR untuk menggerakan program tersebut.

Baca Juga :   Gubernur Sulsel Terima Rekomendasi DPRD Sulsel Atas LKPJ Tahun Anggaran 2022

“Saya ingin mencetak pengusaha baru di bidang ini melalui skim permodalan KUR.

Untuk itu, ia imbau masyarakat mendukung program tersebut. Karena ini semata-mata untuk membuat masyarakat Sulsel sejahtera dan mulai berpikir paradigma baru.

“Saya mengajak juga kawan-kawan Pemprov dan kabupaten/kota untuk mengelola pemerintahan dengan cara baru. Jadi paradigma baru pemerintahan Sulsel. Maka di banyak tempat saya sampaikan. Kita sekarang menuju era baru Sulsel,” pungkasnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Kepala Stasiun TVRI Sulsel, Suwardani Slamet hadir, menyambut langsung Bahtiar yang didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Sulsel, Andi Winarno Eka Putra.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri ini menyampaikan, TVRI sebagai lembaga penyiaran milik pemerintah sangat memahami visi pemerintahan. Ia mendukung program Pj Bahtiar dalam memimpin Sulsel termasuk di era TVRI bertransformasi meningkatkan kualitas di era digital.

“Termasuk sekarang TVRI sudah migrasi ke digital,” pungkasnya. (*)