SPE Unhas SC, Gelar “SPE Kolong Desa” di Desa Mattampapole Maros

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Society of Petroleum Engineers (SPE) Unhas SC menggelar kegiatan “SPE Kolong Desa” selama tiga hari di Desa Mattampapole, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung 11–13 Desember 2020, SPE Unhas SC membantu kebutuhan anak-anak dan masyarakat di desa setempat diantaranya menerapkan pembelajaran dan pola hidup bersih dan sehat kepada siswa-siswi SDN 27 Bulu-Bulu.

Tidak hanya itu, SPE Unhas SC juga berbaur melaksanakan kerja bakti bersama masyarakat desa untuk menambah keindahan dan kebersihan lingkungan. Apalagi di musim penghujan seperti saat ini, kebersihan lingkungan menjadi hal yang sangat penting guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu kesehatan, keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Pada pengujung kegiatan, dilaksanakan seminar mengenai dampak penggunaan gadget berlebih bagi anak-anak. Seminar ini juga sangat penting, mengingat anak-anak di desa tersebut sangat ketergantungan dengan penggunaan gadget atau telepon pintar.

Di sisi lain, SPE Unhas SC melihat potensi tersembunyi di desa ini yang belum terjamah. Potensi wisata yang indah yakni Wisata Lembah Hijau, yang merupakan sungai dengan aliran air yang jernih. Kicauan burung dan hijaunya pepohonan di tempat tersebut, merupakan alasan untuk mendatangi ke tempat itu untuk sekadar refreshing menghilangkan stres dan kepenatan setelah menjalani aktifitas keseharian.

“Saat ini, objek wisata Lembah Hijau baru hanya dinikmati oleh masyarakat setempat untuk berwisata dan berenang. Juga dimanfaatkan oleh  anak-anak untuk tempat bermain,” ujar President SPE Unhas SC, Khusnul Khatimah.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan tersebut, Khusnul Khatimah dan anggota SPE Unhas SC lain berharap Desa Mattampapole semakin maju dan dikenal masyarakat luas, terutama dengan adanya objek wisata Lembah Hijau yang indah dan asri.

Baca Juga :   Bahas Ginjal, Siloam Hospitals Makassar Kumpulkan Dokter se-Sulawesi

“Kami juga berharap, kedatangan SPE Unhas SC memberi banyak manfaat bagi Desa Mattampapole,” tambahnya.

Potensi tersembunyi “Wisata Lembah Hijau” di Desa Mattampapole, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. POTO : ISTIMEWA

Sementara itu, SPE (Society of Petroleum Engineers) sendiri  merupakan International Student Chapter yang terbentuk di bawah naungan SPE Balikpapan Section. SPE Unhas SC berdiri sejak 2014 di Departemen Geofisika Universitas Hasanuddin dan masih aktif  sampai sekarang. SPE berkecimpung di bidang minyak dan gas. Selain aktif dalam dunia pendidikan, SPE juga aktif dalam kegiatan sosial. ***