Sukses Transformasi dan Inovasi Digital Pelayanan Pelanggan, PLN Raih Dua Penghargaan Internasional

397
Penyerahan piala penghargaan Indonesia User Experience of the Year dan Indonesia Digital Experience of the Year kategori Energi oleh Contributing Editor Asian Business Review, Simon Hyett (kanan) kepada Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kiri) pada Asian Experience Awards 2023 di Singapura, Kamis (05/10/2023). POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, JAKARTA – PT PLN (Persero) menjadi perusahaan energi yang mewakili Indonesia dari 16 negara pada Asian Experience Awards 2023. Pada ajang penghargaan yang diselenggarakan di Marina Bay Sands Expo and Convention Center Singapura, Kamis (05/10/2023), PLN berhasil meraih dua penghargaan, Indonesia User Experience of the Year untuk aplikasi PLN Mobile dan Indonesia Digital Experience of the Year untuk transformasi digital pada lini bisnis untuk kategori energi.

Capaian ini merupakan hasil dari transformasi dan inovasi PLN sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Asian Experience Awards 2023 diinisiasi media The Asian Business Review (Charlton Media Group) yang berbasis di Singapura. The Asian Business Review menilai PLN sebagai sebuah badan usaha negara Indonesia memiliki inovasi terbaru di bidang energi, khususnya ketenagalistrikan.

Penghargaan bergengsi yang diikuti 16 negara dan 60 perusahaan ternama di Asia, diberikan kepada PLN sebagai pengakuan internasional atas capaiannya. Pada ajang ini PLN merupakan satu-satunya perusahaan di bidang energi yang mendapatkan penghargaan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, capaian ini menjadi bukti nyata inovasi dan transformasi PLN yang terus berorientasi pada customer focused.

“Dalam tiga tahun terakhir PLN terus menjalankan transformasi berbasis digital secara end-to-end mulai energi primer, pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan hingga pelayanan pelanggan. Transformasi digital ini mampu meningkatkan efisiensi perusahaan,” terang Darmawan.

Digitalisasi yang dilakukan PLN dan subholding-nya, juga membuat seluruh proses bisnis lebih sederhana, cepat, terintegrasi dan dapat dimonitor atau dikontrol secara real-time.

“PLN terus bergerak maju dan berkembang mengikuti perubahan zaman. Maka dari itu transformasi berbasis digital yang kami jalankan harus semakin masif, mengubah sistem pelayanan yang sebelumnya lambat, tidak responsif menjadi cepat dan sangat memuaskan,” ujar Darmawan.

Baca Juga :   Hotel Tawarkan Paket Beli Sekarang, Bisa Menginap Kapan Saja

Salah satu hasil dari transformasi ini, keberadaan aplikasi New PLN Mobile. Keberhasilan PLN mengubah dan mengelola aplikasi mobile, mendapatkan pengakuan di tingkat mancanegara.

“PLN Mobile yang baru, mampu menjawab kebutuhan pelanggan sebagai aplikasi one-stop solution. Beberapa layanan yang ditawarkan aplikasi new PLN Mobile mulai dari pasang baru, tambah daya, pembayaran listrik, pembelian token, pengaduan, EV digital services, hingga marketplace. Hasilnya saat ini PLN Mobile telah diiunduh oleh hampir 44 juta pengguna dan rating yang mencapai 4,9 dari skala 5,” tambahnya.

Darmawan berharap, penghargaan ini tidak serta merta membuat seluruh jajaran PLN berpuas diri, kendati begitu justru akan terus memacu semangat untuk meningkatkan kualitas PLN dalam melayani pelanggan.

“Alhamdulillah, capaian ini menambah perolehan penghargaan di dalam dan luar negeri yang sebelumnya juga kita dapatkan. Prestasi ini saya berikan kepada seluruh bagian dari tim PLN yang terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” imbuh Darmawan.

Selain bidang energi, pada acara ini juga diberikan penghargaan kepada perusahaan yang bergerak di bidang lain seperti oil and gas yang dimenangkan Petronas dari Malaysia, telekomunikasi yang dimenangkan oleh China Mobile International dari Singapura dan perbankan oleh Khrungthai Bank PCL dari Thailand. (*)