Sulsel Craft EXPO 2023 di Samarinda Hadirkan Produk UMKM Unggulan

310
POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM,┬áSAMARINDA – Gubernur Sulawei Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua Dekranasda Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina membuka kegiatan Sulsel Craft EXPO 2023 Sulsel Andalan Indonesia di Big Mall Samarinda, Jumat (18/08/2023).

Kegiatan berlangsung hingga 20 Agustus, menghadirkan produk UMKM unggulan dan andalan Sulsel. Juga diisi berbagai kegiatan, seperti seni budaya kabupaten/kota; malam apresiasi Ketua Dekranasda; presentese produk; business matching; lomba: inovasi craft, stand terbaik, hias kerajinan, dan mewarnai.

POTO : ISTIMEWA

“Di event ini menghadirkan produk-produk terbaik dari Sulsel,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Ia berharap Sulsel Craft Expo 2023 yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel dan Dekranasda Sulsel ini sebagai momentum untuk mengembangkan dan mempromosikan industri kerajinan masyarakat khas Sulsel dan pemulihan ekonomi di Sulawesi Selatan.

Program pengembangan UMKM dilakukan secara terencana termasuk pengembangan dan promosi produk kerajinan.

Selain itu, Sulsel menerapkan pengabungkan teknologi tinggi dengan kearifan lokalnya, menjalankan konsep green economy atau ekonomi yang berkelanjutan.

“Sekarang semua fashion internasional sudah mengarah ke Indonesia. Bahkan produk-produk Toraja itu sudah diekspor bahkan sudah dijual ke luar negeri. Ini yang perlu kita lakukan. Karena orang luar itu mau, produk yang dijual adalah betul-betul hand made, kembali ke bahan dan pewarna alami,” sebutnya.

Sedangkan Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina menyampaikan, pelaksanaan di Samarinda, diketahui bersama bahwa di Kalimantan Timur, banyak perantau datang dari Sulsel dan ikut membangun perekonomian di daerah ini.

“Pemilihan Samarinda banyak orang Sulsel, sehingga dapat terobati rindunya dan lebih mengetahui apa produk Sulsel yang menjadi unggulan atau andalan di daerahnya. Bahkan yang sudah sampai pasar internasional,” sebutnya.(*)

Baca Juga :   Tingkatkan Pemahaman Masyarakat, Aspek Penting dalam Pengembangan Lorong