Sulsel Raih Penghargaan Pemda Peduli Penyiaran KPI Awards 2023

294
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) meraih penghargaan KPI Award 2023 untuk kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran.

Penghargaan diterima Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Stastik dan Persandian (Kominfo-SP) Sulsel, Andi Winarno Eka Saputra pada gelaran Anugerah KPI Awards 2023 dengan tema Ecobroadcasting – Peduli Lingkungan Melalui Penyiaran, di Grand Ballroom Ayana Midplaza, Jakarta, Minggu (26/11/2023).

Andi Winarno menyebutkan, hasil yang diterima saat ini akibat dorongan dan motivasi yang tinggi dari Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

“Kami juga selalu terbuka dan memberi ruang yang baik bagi media penyiaran. Apalagi Pak Pj Gubernur sangat peduli terhadap KPI dan lembaga penyiaran,” ujarnya.

Dikatakan, Pj Gubernur saat ini tengah menyiapkan konsep yang baru  terhadap manajemen komunikasi publik Pemprov Sulsel. Konsep komunikasi publik nantinya akan lebih professional, dibantu tim khusus Pj Gubernur yang ahli di bidangnya.

Andi Winarno mengatakan, kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran diberikan kepada pemerintah daerah tingkat provinsi yang mempunyai kepedulian terhadap infrastruktur dan juga ekosistem penyiaran.

“Termasuk dengan memberikan dukungan kepada KPI Daerah baik berupa anggaran, regulasi dan layanan lainnya demi terciptanya tatanan informasi di daerah yang layak dan benar,” kata Andi Winarno.

Selain Pemprov Sulsel, ada lima Pemprov pemenang Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran. Diantaranya Pemprov Banten, Kalimantan Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat dan Bengkulu

Dalam KPI Award ini sebanyak 213 program televisi dan 256 program radio juga ikut dinilai dalam 25 kategori dengan dewan juri terdiri atas anggota Komisi I DPR RI, anggota KPI Pusat, perwakilan Kementerian dan Lembaga, serta perwakilan masyarakat.

Ketua KPI Pusat Ubaidillah mengapresiasi lembaga penyiaran yang selama ini konsisten memberikan layanan informasi terbaik dan berkualitas, menjaga keseimbangan koherensi informasi, serta memberikan edukasi dan hiburan positif kepada masyarakat.

Baca Juga :   Siap Pasok Listrik Andal saat "Nataru", PLN dan Icon Plus Siagakan Ribuan Petugas di Sulselrabar

“Komitmen tersebut kami harapkan terus berlanjut dan menjadi bagian dari ikhtiar dan tekad bulat bangsa Indonesia menuju negara yang berdaulat dan maju,” tutur Ubaidillah.

Ubaidillah menjelaskan lewat KPI Awar, pihaknha ingin mengajak semua pihak bersama-sama mengkonsolidasikan pengetahuan dan kehendak mengenai pentingnya lembaga penyiaran mendudukkan isu lingkungan sebagai informasi yang penting dan krusial bagi publik.

“Mari kita bangun perdebatan publik mengenai lingkungan yang beradab serta konstruktif,” ujar Ubaidillah.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi berharap ajang penghargaan Anugerah KPI Awards 2023 menjadi momentum untuk mendorong lembaga penyiaran sebagai agen dalam membangun kepekaan masyarakat terhadap lingkungan.

“Mari kita jadikan momentum ini untuk mendorong lembaga penyiaran agar menjadi agen dalam membangun kepekaan masyarakat terhadap lingkungan sekitar,” kata Menkominfo Budi Arie. (*)