Terinspirasi Dr Liu Thair Ker, Danny Pomanto Ajak Membangun Makassar Secara Nyata

85
Wali Kota Makassar Simak Perjalanan Pembangunan Kota Singapura, Tantangan dan Implementasi. POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR– Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto rupanya terinspirasi perjalanan pembangunan Kota Singapura yang dianggapnya cukup memiliki dinamika dan banyak pelajaran berharga.

Danny terlihat begitu bersemangat menyimak penjelasan Dr Liu Thair Ker seorang Morrow Architects and Planners yang berhasil membangun Kota Singapura yang hadir sebagai narasumber dalam forum Sustainable Smart City Programme in Indonesia di Hotel Gammara Makassar, Rabu (14/09).

Dr Liu Thair Ker bercerita bagaimana Ia membangun Kota Singapura dalam transformasinya sejak 1960 hingga akhirnya berhasil menjadi World Class City di 1985.

“Transformasi dari 1960 ke 1985 dengan julukan kota dunia memiliki dinamika dan tantangan. Namun dengan konsep culture of planning yang diimbangi konsep kota, akhirnya Kota Singapura dapat bertransformasi hingga terlihat seperti sekarang,” beber Dr Liu Thair Ker.

POTO : ISTIMEWA

Menyimak pemaparan tersebut, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengatakan ilmu yang diberikan bermanfaat untuk membangun kota.

“Ini pelajaran mahal. Kita mendengar bagaimana perjalanan sebuah kota kecil menjadi kota berkelas, kota dunia dengan perencanaan yang menyentuh budaya tanpa melupakan konsep terkini dan sigap dalam pengaplikasian ide serta gagasan dalam sebuah tindakan. Ini yang perlu, harus ada bukti kerja,” terang Danny.

Peserta seminar ini bukan hanya dari ASN Pemerintah Kota Makassar, juga perwakilan Pemkab Gowa dan Maros serta perwakilan dari universitas.

Baca Juga :   Lelang Kendaraan Dinas Pemprov Sulsel Dilakukan Secara Terbuka