Tingkatkan SDM Profesi Pasar Modal, Propami Gelar PPL di Makassar

168

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Seratusan orang yang berasal dari 16 perusahaan sekuritas di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti pelantikan pengurus Perkumpulan Profesi Pasar Modal (Propami) DPW Makassar Raya, di Auditorium Universitas Ciputra Makassar, Sabtu (28/1/2023).

Bersamaan dengan itu, juga digelar Program Pendidikan Berkelanjutan (PPL), menghadirkan tiga pemateri. Yakni, NS, Aji Martono, SHi, RFC, CES, CSA, CRA, CRP, C.Me (Ketua Umum Propami) yang membahas Peluang dan Tantangan Profesi di Pasar Modal.

Selain itu juga Haryajid Ramelan, MM, CSA, CFP, RFC, CRP, CIB, CPIA (Ketua LSPPM dan Sekjen Propami) mengulas Digital Marketing. Terakhir, Dr (Cand) Titis Sosro Tri Raharjo, MM, CRIP, CIB, CSA, CSC, CES, RFC, CRMP, CPIA, C.Me, CPRM (Bendahara Umum Propami) membahas Kode Etik dan Peraturan Perizinan terkait UUPE/WPPEP/WPPEPT).

 

Foto bersama Ketua Propami dan Pengurus DPW PROPAMI Sulawesi. POTO : ARYA YULIA

Ketua Umum Propami, Aji Martono mengatakan, PPL ini ditujukan untuk Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE), Wakil Perantara Pedagang Efek Pemasaran (WPPEP) dan Wakil Perantara Pedagang Efek Pemasaran Terbatas (WPPEPT).

“PPL merupakan salah satu izin yang dikeluarkan oleh OJK untuk mereka yang berprofesi di pasar modal. Izin ini ada masa waktunya 3 tahun, sehingga mereka harus memperpanjang izin tersebut kembali,” ujarnya.

“Orang-orang yang bekerja di pasar modal, perusahaan sekuritas, memang harus lah orang-orang yang kompeten,” tegas Aji Martono.

Pelantikan DPW PROPAMI Sulawesi oleh Ketua Umum PROPAMI NS, Aji Martono, SHi, RFC, CES, CSA, CRP,C, Me. POTO : ARYA YULIA

Ditambahkan Ketua Propami DPW Sulsel,
Wardani, Biasanya pelatihan seperti ini diadakan di Jakarta. Semua WPPE, WPPEP dan WPPEPT, ke Jakarta untuk memperpanjang lisensi mereka. Setelah itu baru lah OJK bisa memberikan izin untuk berprofesi di pasar modal.

“Kali ini dilaksanakan berbarengan dengan pelantikan DPW Propami Sulsel. Pengurus Propami dari pusat yang datang ke Makassar, untuk memberikan pelatihan,” sebutnya.

Baca Juga :   Panin Sekuritas Bersama Kecamatan Tallo Gelar Workshop Waspada Investasi Bodong dan Sosialisasi Pasar Modal

Selain orang-orang yang bekerja di perusahaan sekuritas, lanjut Wardani, peserta kali ini juga ada dosen dan mahasiswa dari beberapa universitas di Kota Makassar.

“Kenapa ada mahasiswa dan dosen, agar mereka juga mengetahui, berkarir di pasar modal itu luas. Jadi karir itu bukan cuma di ASN atau entrepreneur, ada juga berkarir di perusahaan pasar modal, dan mereka bisa melirik profesi tersebut,” ungkapnya.

“Saya berharap dengan sudah dilantiknya kepengurusan ini, kami bisa menjangkau teman-teman yang ada di perbankan dan seluruh sekuritas yang punya izin, untuk menjadi anggota kami di DPW Makassar Raya,” tambah Wardani.

ADV/Nur Rachmat