Tumbuhkan Kreatifitas Siswa Sulsel, Undipa Makassar Gelar Latih Tanding “Undipa Goes to School 2022”

141
Undipa Makassar menggelar LatihTanding Kreatif tingkat SMA/SMK sederajat seara serentak di 11 cabang dinas se-Sulsel, Senin (19/12/2022). POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Universitas Dipa (Undipa) Makassar menggelar lomba Latih Tanding Kreatif diantaranya Kreatif Essay, Kreatif Poster, Kreatif Short Movie dan Kreatif Potografer tingkat SMA/SMK/MAN se-Sulawesi Selatan, Senin (19/12/2022). Ini merupakan kegiatan Undipa Makassar yang digelar secara rutin dalam rangka menumbuhkan kreatifitas dan sikap kritis ilmiah para siswa.

Wakil Rektor I Undipa Makassar yang juga Ketua Panitia Latih Tanding Kreatif, Komang Aryasa, S.Kom, MT menyebutkan, kegiatan ini digelar serentak di 11 cabang dinas di Sulawesi Selatan, bukan hanya offline atau bertatap muka langsung, juga secara online.

“Kami berharap, dari kegiatan ini muncul gagasan inovatif dan aplikatif terhadap kondisi dan permasalahan pendidikan di Indonesia, terutama dalam membangun karakter bangsa,” ujar Komang.

Latih tanding kreatif, juga untuk mewujudkan suasana komunikatif dari sisi akademik melalui penggalian ide, peningkatan kretifitas, kemampuan berkomunikasi secara kritis dan aspiratif. Sehingga mampu menuangkan gagasan kritis dalam karya sastra dan/ atau karya ilmiah sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan bangsa agar dapat menjadi inspirasi dan motivasi

Empat kategori yang digelar Undipa Makassar diantaranya Essay, Poster, Short Movie dan Potografer. POTO : ISTIMEWA

“Pesertanya, pelajar tingkat SMA/SMK sederajat dan bersifat perorangan untuk Kreatif Essay dan Potografi, serta bersifat tim dengan anggota maksimal 3 orang untuk kreatif Poster dan Short Movie,” sebut Komang.

Dari Latih Tanding Kreatif Essay, diharapkan dapat mengoptimalkan hasil pembelajaran siswa, melatih siswa untuk mengembangkan pola pikir yang kritis serta berintelektual, meningkatkan kualitas siswa dalam berargumen yang dituangkan dalam bentuk tulisan, mengukur kemampuan hasil pola pikir pembelajaran siswa serta mencari dan memunculkan ide ide kreatif pelajar.

Sementara itu, Latih Tanding Kreatif Poster bertujuan meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang desain grafis, melatih siswa membuat konten informasi publik sesuai tema, melakukan literasi digital dikalangan siswa melalui hasil karya poster, melatih siswa bekerja sama dalam tim, dan melatih siswa mempresentasikan hasil karyanya di depan publik.

Baca Juga :   Pemkab Maros - Angkasa Pura I siapkan Reading Corner dengan Bacaan Berkualitas

Latih Tanding Kreatif Short Movie bertujuan mencipatakan ruang ekspresi minat dan bakat para pelajar dalam menuangkan gagasan dalam bentuk media audio visual, mendorong terciptanya konten audio visual yang kreatif dan positif di dunia maya, mempererat tali silaturahmi antarpelajar, menciptakan atmosfer persaingan yang sehat sehingga membentuk karakter pelajar yang kreatif, inovatif namun sportif serta meningkatkan citra sekolah.

Latih Tanding Kreatif Potografer bertujuan mengasah kepekaan pelajar untuk melihat dari berbagai sudut pandang seni mengenai dunia pendidikan saat ini dan dapat menimbulkan rasa ingin menjaga atau menumbuhkan semangat/motivasi pendidikan Indonesia. Ruang ekspresi minat dan bakat para pelajar dalam menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk foto/gambar serta mendorong terciptanya konten visual yang kreatif dan positif di dunia maya.

Tak hanya offline, Latih Tanding Kreatif tingkat SMA/SMK sederajat yang digelar Undipa Makassar, juga berlangsung secara online. POTO ; ISTIMEWA

Komang Menjelaskan, pada babak penyisihan dilakukan serentak pada 11 cabang dinas se-Sulsel. Setelah keluar hasil, babak final dijadwalkan berlangsung 5 Februari 2023 yang bertempat di Undipa Makassar.

“Peserta terbaik akan bertanding memperebutkan piala bergilir Rektor Undipa Makassar,” sebutkan.

Pada kesempatan sama, Komang mengaku berterima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan beserta para kepala dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan para kepala sekolah yang telah menjadi host dalam kegiatan ini. Secara  khusus ke pada pihak sekolah SMA/SMK yang telah mengirim peserta dalam latih tanding tahun ini. Komang juga tak lupa menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan dalam Penyelenggaraan Latih Tanding 2022.

Dia berharap, di tahun-tahun mendatang, peserta yang mengikuti kegiatan semacam ini terus bertambah. */Bali Putra