Undipa Makassar Gelar Pameran Aplikasi Konsentrasi dan Start Up I

244

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Pameran tentang Aplikasi Konsentrasi dan Start Up I digelar di Universitas Dipa (Undipa) Makassar, Selasa (8/2/2022). Diikuti sebanyak 194 mahasiswa semester V jurusan Teknik Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI), juga mahasiswa semester V jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

 

Pameran digelar secara terbuka, di pelataran kampus Undipa Makassar Jalan Perintis Kemerdekaan KM 9, Tamalanrea. Para dosen atau siapapun dapat menyaksikan pameran dan dapat bertanya secara langsung terkait aplikasi yang dibuat mahasiswa peserta pameran.

 

Wakil Rektor I Undipa Makassar, Komang Aryasa, S.Kom, MT memberikan pengarahan kepada peserta tentang mekanisme pameran dan mengingatkan bahwa sebagai salah satu tahapan akhir untuk lulus matakuliah ini adalah mahasiswa wajib mengikuti pameran. Pada pameran ini mahasiswa menampilkan project aplikasi yang telah dibuat selama satu semester yang dibimbing setiap minggu oleh dosen pengampu masing-masing matakuliah. Setelah melulusi Matakuliah Aplikasi Konsentrasi dan start-up 1 ini, diharapkan mahasiswa mampu secara mandiri dalam membuat berbagai macam aplikasi yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat diera digital saat ini.

 

POTO : ISTIMEWA

Matakuliah Program Konsentrasi ini merupakan salah satu mata kuliah yang disajikan pada  semester V jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Sedangkan Start Up I merupakan mata kuliah semester V jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.  Matakuliah ini konsepnya adalah project based dimana mahasiswa “dipaksa” belajar lebih keras untuk meningkatkan skill sesuai program studi masing masing terutama saat mereka nanti menyusun skripsi  di semester VII atau VIII

 

Sebelum ikut pameran, project aplikasi yang dibuat masing-masing mahasiswa di filter/diakurasi terlebih dahulu oleh dosen peengampu mata kuliah. Ketika dinyatakan layak, baru kemudian mahasiswa tersebut mempersiapkan diri untuk memamerkan aplikasi dan start up yang dibuat dihadapan khalayak kampus (Dosen dan mahasiswa, red).

Baca Juga :   Timsel KPID dan Komisi A DPRD Sulsel Sepakati Komisioner Terpilih Harus Berkualitas

 

“Untuk memastikan aplikasi dibuat sendiri oleh mahasiswa, makanya dilibatkan 3 orang tim penguji. Pameran juga bersifat terbuka. Siapapun bisa menyaksikan dan bertanya langsung kepada mahasiswa pembuat aplikasi,” ujar Komang.

 

Pameran ini, baru pertama kali digelar Undipa Makassar. Selain untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa membuat project dasar yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam penyusunan skripsi, juga agar mahasiswa lain yang nantinya akan menempuh mata kuliah ini, bisa melihat langsung sekaligus mencari ide/gagasan untuk apliksai mereka nanti.

POTO : ISTIMEWA

“Setelah lulus Aplikasi Konsentrasi dan Start Up I, pada semester VI mahasiswa ini bisa melanjutkan dengan Program Profesional dan Start Up II. Kalau sudah lulus kedua program ini (Aplikasi Konsentrasi dan Profesional untuk Jurusan TI dan SI, Start Up I dan II untuk Jurusan RPL, red), mereka dipastikan bisa membuat skripsi secara mandiri, tanpa mengharapkan bantuan orang lain dan tentu terlibat secara langsung dalam pengembangan start-up di kawasan timur Indonesia ,” pungkas Komang.

 

Waktu yang diberikan untuk masing-masing mahasiswa untuk memaparkan/mempresentasikan hasil karya atau aplikasi/program yang dibuat adalah 10 menit. Dengan jumlah mahasiswa yang ikut pameran sebanyak 194 mahasiswa, pameran berlangsung 3 hari dimulai hari ini Selasa (08/02/2022)  sampai dengan Kamis, 10 Pebruari 2022. Setiap hari pameran  dibagi 2 sesi yaitu sesi pagi pukul 09.00 s.d 12.00 WITA dan sesi siang pukul 13.00 s.d  16.00 WITA.

 

adv