Undipa Makassar Gelar Workshop dan Expose UMKM Go Digital di Jeneponto

POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, JENEPONTO – Universitas Dipa (Undipa) Makassar bekerja sama PT. Energy Bayu Jeneponto (PT. EBJ) menggelar Workshop dan Expose UMKM Go Digital selama dua hari, Kamis dan Jumat, 4 dan 5 Agustus 2022. Kegiatan yang berlangsung  di Balai Pertemuan Kantor Bupati Jeneponto dengan menghadirkan para pelaku UMKM, mendapat dukungan penuh pemerintah setempat.

Workshop dan Expose UMKM Go Digital, dibuka Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jeneponto, Hj. Hernawati, S.Ip., M.Si , mulai pukul 08.00 Wita dan dijadwalkan berlangsung hingga pukul 15.30 wita. Hadir pada kesempatan itu, Asset Manager PT. EBJ (Vena Energi), Wahyudin Beta.

POTO : ISTIMEWA

Rektor Undipa diwakili, Wakil Rektor I, Komang Aryasa, S.Kom, MT menyebutkan, dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi terkhusus dalam bidang pengabdian pada masyarakat, Undipa Makassar tidak hanya berfokus pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pendidikan. Namun, sejak  beralih bentuk dari STIMIK Dipanegara Makassar menjadi Univeraitas Dipa Makassar, fokus pengabdian masyarakat juga terarah kesektor lain seperti pelaku UMKM khususnya di kawasan timur Indonesia.

Seperti  UMKMdi Kolaka Utara, UMKM di  Kabupaten Jeneponto  dan kabupaten lainnya. Dalam hal ini, Undipa melakukannpendampingan UMKM dalam hal  transfer teknologi untuk segera bertranformasi ke sistem digital.

“Pada kegiatan ini kami membawa empat prodi (sistem informasi, rekayasa perangkat lunak, manajemen informatika dan prodi kewirausahaan) yang siap untuk melakukan kolaborasi untuk memajukan UMKM di Jeneponto,” sebut Komang.

Di hari pertama, diisi tiga pemateri diantaranya Kepala Dinas UMKM Kabupaten Jeneponto dengan materi “UMKM Go-Digital diera saat ini”, kemudian  pemateri kedua, Asrul Syam, S.Si., M.Si. (Dosen UNDIPA)dengan materi “Teknik Desain Foto Produk di Website” dan pemateri ketiga Ardimansyah, S.Kom., M.T (Dosen Undipa) dengan materi “Teknik Promosi WEB melalui Sosial Media Google, Facebook, dan Instagram”.

Baca Juga :   Ujian Semester Via Daring

Ketua Panitia Workshop dan Expose UMKM Go Digital, Dr. Eng. Wilem Musu, S.Kom.,MT menyebutkan, di hari kedua besok, akan diisi satu pemateri yakni  Erfan Hasmin, S.Kom., M.T. (Dosen Undipa) dengan materi “Mengenal dan Peraktek pengelolaan website ww.lapakjenponto.com diantaranya dibahas tentang, Management administrasi (CS) di www.lapakjeneponto.com,  Praktek membuat foto konten produk sendiri dan cara upload di www.lapakjeneponto.com  dan Managemen Mitra Kurir www.lapakjeneponto.com

Salah satu produk UMKM Jeneponto yang diharapkan bisa Go Digital. POTO : ISTIMEWA

Sementara itu sebelum acara ditutup esok hari juga di-launching web Marketplace www.lapakjeneponto.com

Wilem beerharap, usai pelaksanaan kegiatan ini, seluruh pelaku UMKM di Kabupaten Jeneponto mampu bersaing di era digital yang mau tidak mau, seluruh proses bisnis yang dilakukan harus bertransformasi ke digital.

Bali Putra