Universitas Dipa Makassar, Gelar Pelatihan Penulisan Proposal PKM

212

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Universitas Dipa (Undipa) Makassar menggelar Pelatihan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Jumat (18/03). Kegiatan pelatihan yang melibatkan mahasiswa Undipa Makassar, dilaksanakan di ruang 206 dan menghadirkan Prof. Syafaruddin Side, S.Si., M.Si., Ph.D sebagai pemateri.

Dibuka oleh Wakil Rektor (WR) 3 Undipa Makassar, Jufri, S.Kom., MT. Kegiatan pelatihan ini merupakan program kerja Kabag. Kemahasiswaan dan Karir Undipa Makassar, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam menyusun prososal PKM agar bisa lolos dan maju di Pekan Ilmiah Nasional.

POTO : ISTIMEWA

Kabag. Kemahasiswaan dan Karir Undipa Makassar, Dr. Aprizal, S.Kom., SE., MM menyebutkan, kreatifitas merupakan hal yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh setiap manusia. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini, kreatifitas menjadi sangat penting atau nomor satu dalam pengembangan diri seseorang.

Dalam proses pencarian kerjapun, yang dibutuhkan adalah kreatifitas. Ketika pendidikan yang dimiliki seseorang sudah strata 1, namun tidak memiliki kreatifitas, tentu akan mempersulit dirinya dalam bekerja.

Kemungkinan itu kata Aprizal, akan terjadi bukan hanya pada satu orang saja melainkan bisa terjadi pada ratusan bahkan ribuan sarjana yang ada di Indonesia.

Melihat kenyataan itulah, saat ini di seluruh sekolah bahkan peguruan tinggi sudah mulai menerapkan dan menampung kreatifitas peserta didiknya dengan berbagai cara dan metode. Sehingga, proses perkembangan kreatifitas diwadahi dan tidak ada batasannya.

“Ini akan melatih mereka untuk terbiasa berpikir kretif,” katanya.

POTO : ISTIMEWA

Namun, masih banyak peserta didik yang kurang menyadari hal itu. Sehingga banyak diantara mereka yang minim kreatifitas.

Padahal, hasil karya baik software maupun hardware yang dihasilkan mahasiswa juga tergolong banyak, akan tetapi terkendala dengan wadah untuk mempublish hasil karyanya tersebut.

Baca Juga :   Reses Terakhir, Anggota DPRD Kota Makassar, Nunung Dasniar Sasar Kelurahan Sudiang Raya

“Oleh karena itu, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) hadir untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” sebut Aprizal.

Kegiatan PKM ini bertujuan menampung aspirasi mahasiswa, mewadahi kreativitas mahasiswa, membuat mahasiswa untuk menciptakan suatu inovasi, membuat mahasiswa untuk meneliti penemuan terbaru mereka.

Dalam hal ini ada lembaga yang mewadahi kreatifitas para mahasiswa tersebut yakni Kemendikbud, yang memberikan penghargaan bagi mereka yang memiliki prosposal yang menjual dalam arti dapat menuangkan inovasi baru di Indonesia. Ditambah dengan adanya nilai kebermanfaatan suatu produk yang dapat membantu masyarakat.

Dana yang diberikan digunakan untuk modal pembuatan inovasi yang sudah dibuat. Tetapi Kemdikbud memiliki kriteria dalam meluluskan sebuah proposal yang diajukan. Yakni proposal yang bagus dan inovasinya mampu diterima serta memiliki nilai yang bisa dipertahankan.

“Intinya, pelatihan Penulisan Proposal PKM bertujuan meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang program kreatif. Meningkatkan kualitas usulan PKM, memotivasi mahasiswa untuk membuat sebuah inovasi, juga untuk mendapatkan Informasi proposal yang baik dan benar,” pungkasnya.

Bali Putra/adv