Young Entrepreneur School Sulawesi Selatan (YESS) Menanamkan Jiwa Wirausaha Generasi Milenial

Kadis Koperasi dan UKM Sulsel berfoto bersama peserta sekolah wirausaha muda yang terdiri para siswa SMA di kota Makassar.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Untuk menyiapkan anak muda terjun ke dunia usaha tidaklah muda. Butuh skill dan pemahaman yang mendalam tentang kewirausahaan.

Karena itulah maka Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan menggagas semacam sekolah wirausaha muda yang berlabel program Young Entrepreneur School Sulawesi Selatan (YESS). “Idenya sederhana, kita ingin membuka “mind set” para generasi milenial khususnya yang berusia muda dibawah 17 tahun,” ujar Abd. Malik Faisal, Kadis Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan, belum lama ini.

Program yang menyasar siswa jenjang sekolah lanjutan atas tersebut digelar secara rutin di gedung UKM Center Jl.A.P.Pettarani setiap hari sabtu dan minggu dengan mentor dari para expert dibidang usaha dan bisnis. Selain itu, pihak Diskop UKM Sulsel juga telah menyiapkan ruang belajar representative, dan tim fasilitator dari konsultan PLUT, coach dan praktisi bisnis.

Diharapkan melalui pelatihan ini para peserta sekolah tersebut bisa menulatkan “virus” entrepreneur bagi temannya. “Program YESS tersebut akan berlangsung selama tiga bulan, dengan delapan kali pertemuan setiap bulan pada hari Sabtu dan Minggu,” ungkap Malik, begitu ia akrab disapa.

Konsep pembelajaran YESS dikemas dalam sebuah program pelatihan rutin oleh para mentor, trainer dan coach bisnis ditunjang dengan pendampingan secara intensif. Dimana hanya 20 persen teori dan 80 persen praktek.

Malik mengatakan, YESS adalah pendidikan informal yang fokus pada pengembangan entrepreneurship, yang berorientasi, menanamkan jiwa entrepreneur menciptakan pengusaha-pengusaha baru dan membuka kesempatan kerja bagi orang lain.

Hadirnya YESS melengkapi program penciptaan wirausaha baru (WUB) berbasis desa yang telah dijalankan sejak tahun 2014. Program YESS tidak dipungut biaya, dan siswa mendaftar secara mandiri dengan menghubungi pengelola YESS di kantor Dinas Koperasi dan UKM Sulsel. Keberadaan YESS didasari pemahaman bahwa kewirausahaan ternyata bukan hanya bakat bawaan sejak lahir, atau bersifat praktek lapangan saja. Apalagi, kewirausahaan merupakan suatu disiplin ilmu yang perlu dipelajari. Kemampuan seseorang dalam berwirausaha, dapat dimatangkan melalui proses pendidikan/Mohamad Rusman

Baca Juga :   Permudah Mahasiswa lakukan UAS, UT Makassar Berikan SUO