Yuk, Kunjungi Keseruan Festival Bolu Pertama di Hotel Harper Perintis

Festival Bolu, yang pertama kalinya digelar Hotel Harper Perintis Makassar, dibuka Hari ini, Senin (21/11/2022) dan berlangsung hingga besok, Selasa (22/11/2022). POTO : BALI PUTRA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Anda pecinta produk olahan bolu atau ikan bandeng?, ada festival bolu yang bisa anda kunjungi di Hotel Harper Perintis Makassar, hari ini Senin, 21 November 2022 dan Besok, Selasa (22/11/2022). Ini, adalah Festival Bolu pertama yang digelar Harper Perintis. Festival digelar di pelataran Parkir Hotel Harper.

Selain festival atau pameran dengan aneka hidangan ikan bolu yang diikuti sedikitnya 20 stand UMKM (Dari Kota Makassar maupun Kabupaten Maros, red), kegiatan ini juga dimeriahkan berbagai aksi lain seperti chef in action, ada juga live music, UMKM Expo dan Pelatihan Digital Marketing, Lomba Mewarnai untuk anak-anak TK-SD, K-Pop Dancer Competition, lomba katto-katto dan Food Photography Workshop.

Ketua Panitia Harper Bolu Festival, Abdul Rahim Amin didampingi Exc. Assisten Manager Tyta Ripal dan Sales Manager, Lena menyebutkan, festival bolu diambil, karena selama ini Hotel Harper Perintis selalu konsen dengan budaya khas daerah. Mengingat, bolu merupakan salah satu kekhasan daerah di Sulawesi Selatan  di bidang kuliner, sehingga tema festival bolu ini diambil.

“Intinya, Harper Perintis Makassar akan terus melakukan gerakan mendukung budaya dan ciri khas daerah agar lebih dikenal masyarakat luas. Ini pertama kalinya dan harapan kami, bolu terkhusus produk olahannya makin dikenal luas,” ujar Rahim.

Festival bolu melibatkan pelaku UMKM baik dari Kota Makassar maupun Maros yang memproduksi produk olahan bolu. Untuk kegiatan ini, Harper Perintis Makassar bekerjasama Dinas Pariwisata Makassar, Dinas Perikanan Kabupaten Maros, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Maros, Fakultas Perikanan Universitas Hasanuddin serta berapa pihak lain.

“Semakin banyak yang teerlibat, tentu akan semakin mudah mencapai tujuan,” sebut Rahim

Ditambahkan Tyta Ripal yang hadir mewakili GM Harper Printis, mengaku berterima kasih atas dukungan semua pihak atas kegiatan yang digelar dan berharap pihaknya bisa terus saling berelaborasi untuk event kedepannya.

Baca Juga :   LIMA MAHASISWA UNIBOS LULUS BEASISWA UNGGULAN

 

Sangat Bermanfaat

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Usaha Pengolah dan Pemasar Dinas Perikanan Kabupaten Maros, Hartini S.Pi bersama Kepala Seksi Pengambangan Usaha,Hamriani mengaku, pihaknya baru pertama kali diajak bekeerjasama dalam kegiatan semacam ini.

“Ini jelas sangat bermanfaat untuk pengembangan dan memperkenalkan produk-produk olahan UMKM khususnya olahan perikanan,” ujarnya.

Dikatakan, sejauh ini strategi pengambangan dan memperkenalkan produk olahan dilakukan dengan perbanyak pertemanan, masuk ke pasar oleh-oleh, toko waralaba, sosialisasi dan promosi di media sosial. Sehingga, produk mereka bukan hanya dikenal masyarakat Kabupaten Maros, namun meluas ke beberapa kabupaten Kota di Sulawesi Selatan, beberapa provinsi di Indonesia bahkan ke luar negeri.

“Apalagi ditambah kegiatan-kegiatan semacam ini, pasti akan jauh lebih cepat pengembangannya. Ketika produk sudah masuk hotel sebagai penegganti camilan dan dijadikan display souvenir atau oleh -oleh, artinya ada nilai tambah di sana,” sebut Hartini.

Saat ini, pihaknya membina sekitar 35 kelompok, bukan hanya produksi bolu, namun ada juga jenis lain, termasuk udang dan kepiting. Pembinaan mulai dilakukan dari pembentukan kelompok, penyediaan sarana prasarana dan pembinaan mengenai mutu yang ditangani oleh masing-masing seksi yang berbeda di Dinas Perikanan.

“Namun, karena tema kali ini berkaitan dengan bolu, makanya pada kesempatan ini kami hanya melibatkan lima UMKM andalan kami yang memproduksi produk bolu,” tambah Hamriani.

Sejauh ini, diakui selain permodalan, rata-rata kendala yang dihadapi kelompok yakni dalam hal pemassaran. Sehingga sosialisasi dilakukan secara terus menerus dan semakin kencang.

“Kami berharap, event seperti ini semakin sering digelar. Selain media sosial, event seperti ini paling bagus untuk memperkenalkan produk,” pungkasnya.

Bali Putra