Yuk Simak, Ini Dia Cara Menjadi Eksportir Pemula yang Sukses

398
POTO : BI.GO.ID

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Sebelum kita membahas bagaimana menjadi eskportir pemula yang sukses, ada baiknya kita pahami dulu ya, apa itu ekspor?

Sebagaimana cerita BI dalam laman bi.go.id, disebutkan, ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean Indonesia ke daerah pabean negara lain atau sederhananya ekspor adalah kegiatan menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri. Orang yang melakukan kegiatan ekspor disebut eksportir.

Selain menjual suatu produk dalam negeri, tujuan ekspor adalah memperluas penjualan sampai ke luar negeri sehingga keuntungan penjualan juga akan meningkat. Selain itu, manfaat melakukan ekspor bagi suatu negara adalah membantu meningkatkan devisa negara.

Untuk menjadi eksportir pemula yang sukses, Anda perlu memenuhi beberapa syarat berikut:

  1. ​Mempersiapkan Legalitas Usaha. Untuk dapat melakukan kegiatan ekspor, pengusaha atau eksportir di Indonesia perlu memiliki Izin Ekspor. Sehingga Anda perlu pastikan perusahaan Anda berbadan hukum dan memiliki izin usaha yang lengkap seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), NPWP, NIK (Nomor Identitas Kepabeanan), dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Legalitas usaha ini membuat bisnis ekspor Anda mejadi sah dan legal.
  2. Memahami Prosedur Perdagangan Internasional. Pahami dengan baik prosedur  dan aturan perdagangan internasional yang berlaku, serta standar ekspor yang harus dipenuhi. Misalnya, pastikan produk Anda memenuhi standar kualitas yang ditetapkan di negara tujuan agar dapat bersaing di pasar internasional. Kenali juga proses biaya pengiriman, pemilihan jasa freight forwarder, asuransi barang, dan prosedur bea cukai.
  3. 3. Gunakan Aplikasi SiMoDIS. Gunakanlah Sistem Monitoring Devisa Terintegrasi Seketika (SiMoDIS) untuk memantau dan melacak kegiatan ekspor dan impor, serta informasi terkait devisa. Dengan begitu, Anda dapat menilai kinerja ekspormu dan membuat pelaporan  secara efisien.
  4. Manfaatkan TD Valas DHE dari Bank Indonesia Dengan memanfaatkan Term Deposit Valuta Asing Hasil Devisa Ekspor (TD Valas DHE) dari Bank Indonesia, Anda dapat menempatkan devisa hasil ekspor Anda di Bank Indonesia dengan suku bunga yang kompetitif. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai insentif tambahan, sehingga devisa hasil ekspor Anda aman dan tentunya lebih menguntungkan. Saat ini sudah ada 20 bank yang ditunjuk untuk menempatkan dana nasabah eksportir di Bank Indonesia.
Baca Juga :   “Annyorong Lopi”, Ungkapan Rasa Syukur Atas Selesainya Pembuatan Perahu Pinisi

Dengan memenuhi syarat-syarat di atas, Anda akan lebih siap dalam memulai bisnis ekspor yang sukses. Jangan ragu untuk mencari informasi lebih lanjut dan berkonsultasi dengan pihak terkait yang sudah sukses menjadi eksportir. (*)