Maksimalkan Teknologi Digital untuk Kembangkan Potensi Lokal

POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, KOLAKA  – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 3 Desember 2021 di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

 

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Memajukan Pariwisata Desa melalui Media Digital”. Pada kegiatan ini juga bekerjasama dengan Universitas 19 November, Kolaka.

 

Program kali ini menghadirkan 587 empat narasumber yang terdiri dari Kreator Konten & CEO Bedabaik, Rijal Djamal; Marketer Digital & Direktur Tech Off, Adriyan Dwi Perkasa; Pemuda Sadar Wisata Toraja, Adrianus Sandy Kalalimbong; dan Bendahara Komite Perlindungan Jurnalis dan Kebebasan Berekspresi, Hajriana Ashadi.

 

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Nurul Nur Azizah selaku Jurnalis. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

 

Pemateri pertama, Rijal Djamal, membawakan tema “Pentingnya Memiliki Keterampilan Digital di Masa Pandemi Covid-19”. Menurut dia, stigma desa yang kumuh dan tertinggal harus diubah dengan lebih berfokus pada kelebihan serta potensi yang dimiliki.

 

“Meningkatkan SDM, pengelolaan yang baik, promosi dan pemasaran, serta orientasi investasi pada aset lokal jadi beberapa faktor penentu kesuksesan pembangunan desa wisata,” jelasnya.

Berikutnya, Adriyan Dwi Perkasa menyampaikan materi “Peran dan Fungsi E-Pasar dalam Mendukung Produk Lokal dan Pariwisata Desa”. Menurut dia, untuk membangun desa dan memajukan pariwisatanya, diperlukan sikap yang mampu memberi pelayanan berkesan ke wisatawan, pengembangan bisnis atau usaha kreatif, keunikan budaya dan digitalisasi.

 

“E-Pasar, media sosial dan media digital lainnya bisa dimanfaatkan untuk promosi maupun pemasaran pariwisata desa secara luas,” ujarnya.

Baca Juga :   Meriahnya Anniversary ke-2 Hotel Amaris Pettarani

Sebagai pemateri ketiga, Adrianus Sandy Kalalimbong membawakan tema “Mengenalkan Budaya Indonesia melalui Literasi Digital”. Ia mengatakan, keanekaragaman budaya bangsa sangat perlu dikemas sedemikian rupa sehingga bisa dikenal baik oleh semua orang.

 

“Lewat literasi digital, mari perkenalkan budaya kita ke sesama anak bangsa agar tumbuh kesadaran akan kekayaan budaya nasional dan membangkitkan kebanggaan bersama,” ajaknya.

 

Adapun Hajriana Ashadi, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema “Perlindungan Hak Cipta di Ranah Digital”. Ia mengatakan, hak cipta memberikan perlindungan hukum kepada pencipta baik dari aspek ekonomi maupun moral untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya.

“Pemahaman akan hak cipta penting guna melindungi karya kita dari pembajakan, sekaligus menghargai karya milik orang lain,” ungkapnya.

 

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Antusias para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber dihargai panitia dengan memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi 10 penanya terpilih.

 

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Salah satu pertanyaan menarik peserta diantaranya tentang bagaimana cara membuat video promosi tempat wisata agar efektif menarik pengunjung. Narasumber menjelaskan bahwa lakukan riset terlebih dulu atas tren dan kebutuhan masyarakat. Jangan lupa berikan narasi cerita serta visual yang unik dan menarik terkait lokasi wisata.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan  materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Baca Juga :   Sosialisasi PSBB di Perbatasan Kota Makassar - Gowa

 

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.